Jumat, 13 April 2012

Trik Mereset Printer IP1880, MP258, IP2770,MP287

Cara mereset canon ip1880/ip1980 absorber ink is full

Cara mereset canon ip1880/ip1980 absorber ink is full

Langsung to the poin aja bro lah...
> pertama brother harus mereset manual dulu atau save mode, caranya..
   - semua kabel dalam kondisi terpasang dan teraliri listrik dan hidupkan printer
   - tekan dan tahan tombol power lalu cabut kabel power hingga printer mati (tombol power tetap ditahan ya)
   - colok kembali kabel power dan tekan tombol resume/reset 2x, maka printer bisa digunakan untuk ngeprint. tapi ntar setelah dimatikan akan kembali seperti asalnya. Selanjutnya harus direset software.

download resetternya disini dan extract lalu jalankan generaltoolnya. lihat gambar.

Operasikan sesuai nomor pada gambar.
Penjelasan :
1. Bila ada lebih dari satu printer yang aktif, maka pilih port printer yang akan di reset.
2. Lock Release berfungsi untuk mengaktifkan menu set destination.
3. Device ID untuk melihat ID printer yang akan direset.
4. Untuk menentukan type printer en lokasi kita ASA=ASIA.
5. Set untuk menerapkan settingan printer pada set destination.
6. Untuk melihat sudah berapa lembar printer kita telah mencetak dokumen dan informasi lainnya.
7. & 8. Untuk menghapus/mengosongkan penghitung pemakaian tinta.
9. EEPROM Clear Menghapus/mengosongkan memori pencatat semua kegiatan printer selama digunakan.
10. Perintah pengosongan baru akan dilaksanakan ketika Anda menekan submenu testprint.
Untuk menu lainnya silakan anda coba sendiri apabila ingin tau fungsinya.
Selamat menikmati informasi ini... goodluck

Atasi Canon MP258 Error Code P10

Cara mengatasi Canon MP258 Error Code P10
Problem printer ini saat ini masih menjadi momok serta dilema bagi para teknisi printer karena kerusakan yang terjadi serta solusinya yang ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama adalah anda harus mengganti spare part dari printer tersebut yang harganya bisa nipisin dompet Anda. Ada solusi kedua yang tanpa mengganti apapun yang ada pada printer tersebut akan tetapi pemilik ilmunya tidak mau memberikan ilmu tersebut secara gratis, dengan kata lain kita harus mentransfer sejumlah rupiah untuk mendapatkannya. Termasuk saya saat ini masih belum dapat menyelesaikannya tanpa mengganti spare part. Nah bagi Anda yang ingin mengatasi/menyelesaikan masalah Error P10 pada canon MP258 untuk saat ini Anda dapat mengganti salah satu sparepart berikut ini :
> Unit Catrid ( Black PG810 dan color CL811)
    Coba gantikan unit catridnya dulu hitam maupun warna. Anda bisa meminjam catrid printer lain milik teman untuk memastikan bahwa catrid berstatus OK atau KO. Apabila Catrid masih OK keduanya maka lakukan pengecekan kedua.
>Carriage Unit (Rumahan Catrid)
   Spare part kedua ialah rumahan catrid atau tempat untuk meletakkan catrid pada printer. Coba gantikan carriage unit (beserta kabel datanya) jika catrid Anda masih normal. Langkah ini bisa saja gratis bila mana Anda memiliki bangkai Printer yang memiliki carriage unit yang sama (=ip2770).
> Logic Board (Main Board)
    Jika dua langkah diatas dan kondisi sparepartnya masih bagus berarti kemungkinan terbesar adalah MB printer tersebut yang rusak. Jadi silakan coba gantikan MBnya dengan MB baru atau second bila ada yang masih bagus.
Demikian langkah analisa permasalahan serta pemecahan solusinya dengan mengganti salah satu part yang ada pada printer canon mp258. 
Terimakasih atas kunjungan Anda dan semoga dapat membantu.

 
MENGATASI ERROR  5B00 ATAU P07  MP258

Cara Resetter Canon MP258 error 5B00 atau P07 (Manual):
  1. Printer MP258 yang error 5B00 atau P07 dalam keadaan mati dan kabel listrik terpasang.
  2. Tekan Tombol STOP/RESET dan tahan, kemudian tekan tombol POWER dan tahan.
  3. Tombol POWER masih ditekan, lepas tombol STOP/RESET, kemudian tekan tombol STOP/RESET 2 x dalam keadaan tombol power masih ditekan.
  4. Lepas kedua tombol secara bersamaan.
  5. Printer MP258 yang error 5B00 atau P07 akan berproses beberapa saat (agak lama), kemudian LCD Panel akan tampil angka 0
  6. Komputer akan mendeteksi DEVICE BARU, Abaikan saja …..
  7. Keadaan ini menunjukkan printer MP258 dalam keadaan SERVICE MODE dan siap direset.
Cara Resetter Canon MP258 error 5B00 atau P07 (Software):
  1. Exctract File Resetter MP258.
  2. Siapkan 2 kertas di printer (ini untuk print pada waktu proses reset)
  3. Jalankan program Resetter MP258.

  1. http://4.bp.blogspot.com/_nKPCU2VKyDY/TNEvqU9FfKI/AAAAAAAABnk/K3UJcTQNZJE/s400/reset+MP2581.JPGKlik "MAIN", maka printer akan berproses, kemudian MP258 akan print satu halaman dengan tulisan " D=000.0 "
 Klik " EEPROM Clear ".
  1. Kemudian klik " EEPROM ", dan printer akan print hasil Resetter MP258. Salah satu barisnya tulisannya sbb:
    "TPAGE(TTL=00000 COPY=00000)"

  1. Matikan Printer dengan menekan tombol POWER.
  2. selesai.


Kode Error Canon MP258 dan Cara Mengatasinya :

Kode Error MP258 ada 2 jenis kode, yaitu :
1. yg menggunakan huruf depan P, misal P07
2. yg menggunakan huruf depan E, misal E05

Kode Error P Canon MP258 :
P02 (Carriage error)
Solusi :
1. Pastikan tidak ada benda asing yg nyangkut di roll printer.
2. Bersihkan dan cek encodernya, mungkin kena cipratan tinta.
P03 (Line feed error)
Penyebab : Timing Disk kotor / rusak.
Solusi :
1. Cek timing disk sensor di sebelah kiri printer
2. Cek dan bersihkan boardnya.

P05 (ASF sensor error)

Penyebab : sensor pendeteksi kertas Canon MP258 Error.
Solusi :
Coba ganti salah satu spare part berikut ini :
• ASF / PE sensor unit.
• Motor .
• Board Printer Canon MP258.

P06 (Internal temperature error):

Penyebab : panas yg berlebihan di dalam printer Canon MP258.
Solusi :
1. Bersihkan bagian dalam printer MP258.
2. ganti Board Printer MP258
P07 (Ink absorber full):
Penyebab : Ink Counter Full / Penuh, Printer Canon MP258 minta di reset pakai Software.
Indikasi awal :
Ketika printer MP258 dinyalakan akan menunjukkan error P07 di LCD panelnya dan dilayar monitor akan muncul error 5B00.

P08 (Print head temperature rise error):
Penyebab : Head terlalu panas, melebihi ambang batas, biasanya Catridge warnanya
Solusi :
Coba ganti catrid warna Printer Canon MP258.

P09 (EEPROM error)

Penyebab : EEPROM board Canon MP258 mengalami Corrupt atau rusak.
Solusi :
1. ganti Board Printer Canon MP258.
P10 (Logic Board / Carriage Unit / Kedua Catridge Rusak)
Penyebab : Catridge dibiarkan kosong dan dipakai untuk mencetak terus. akibatnya panas dan terjadi kerusakan di salah satu komponen berikut : Logic Board / Carriage Unit / Kedua Catridge.
Solusi : Ganti Salah satu komponen diatas urutkan dari yg paling mudah dan murah. kalo menurut saya urutannya adalah
- Catridge PG810 atau CL811 (bisa keduanya).
- Cariage Unit lengkap dengan kabel headnya. (rumah catridge)
- Logic Board. (mainboard printer)
P15 (USB VBUS over current)
Penyebab : Printer kelebihan arus dari kabel USB Printer Canon MP258.
Solusi :
1. Coba Ganti Kabel USB Printer Canon MP258.
2. Jika masih rusak, ganti Board Printer Canon MP258.
P20 (Other hardware error)
Penyebab : kerusakan hardware lainnya
Solusi :
ganti Board Printer Canon MP258.
P22 (Scanner error)
Penyebab : scanner tidak berfungsi
Solusi :
1. Ganti scanner Printer Canon MP258.
2. Ganti Board Printer Canon MP258.

Kode Error E canon MP258 :

E03: line feed error, tidak bisa narik kertas, LF encoder signal error
Solusi:
Bongkar ulang dan cek satu per satu kayaknya mekanik penarik kertas gak beres, atau benda asing masuk ke printer sehingga tidak bisa menarik kertas
Bersihkan Timing Slit Disk filmnyanya dari belepotan tinta
Coba bersihkan sensor yang melintang dari kiri ke kanan yg bening ke hitam2an dengan memakai tisu
Printer canon masih merupakan produk yang di sukai dan banyak digunakan baik dari kalangan Mahasiswa/i, Pelajar, Umum dan juga instansi-instansi pemerintahan atau swasta, seperti kata pepatah “Sebanyak yang suka sebanyak itu juga yang tidak suka”. eit’s maksudnya banyak yang suka menggunakan printer canon dan banyak juga kerusakannya.

Error Printer Kelas MP Biasanya diawali dengan kode “P” dan “E”, nah kebetulan MP258 kali ini erornya “E03″ dan eror ini bisa dilihat pada display yang terdapat pada printer tersebut.Biasanya Error E03 Printer tidak bisa menarik kertas alias tidak bisa mencetak, triknya coba buka case penutup printer tersebut dengan berlahan dan hati-hati.
Kerusakan biasanya bisa saja ada yang patah pada roler penarik kertas, tapi berdasarkan pengalaman yang saya temukan di dekat gear sebelah kiri terdapat gear besar yang dilengkapi dengan plastik tipis berupa lingkaran dan ada garis-garis halus,plastik tipis itu merupakan bagian dari sensor kertas dan mungkin saja lingkaran tersebut kotor terkena tinta sehingga pada saat printer bekerja dan berputar sensor tidak bisa membaca jumlah putaran, hasil cek jumlah putaran dengan data yang ada pada eeprom printer tidak sesuai kemudian printer mengirimkan sinyal ke display untuk menampilkan anggka error yang menyatakan kalau printer sedang dalam masalah, dan tidak dapat melanjutkan tugasnya untuk mencetak.

sebenarnya tidak begitu susah cuma rumit saja untuk melepaskan atau bongkar printer ini hanya ada dua baut di posisi belakang dan selebihnya hanya berupa klip
E04 : Catridge canon MP258 tidak terpasang dengan baik.
Solusi : Ambil catridge, trus pasang lagi
E05 : Catridge canon MP258 tidak terpasang dengan baik atau salah satu catrid ada yg rusak
Solusi :
1. Ambil catridge, trus pasang lagi
2. Ganti catridge jika ada yg rusak
E14 dan E15 : Catridge canon MP258 tidak terpasang dengan baik.
Solusi : Ambil catridge, trus pasang lagi
E13 dan E16: Ink has run out / catridge minta di reset.
Solusi :
Tekan tombol STOP / Reset selama 5 – 15 detik tunggu sampai led display berproses.

Download dan Cara mereset Canon ip2770 Absorber Ink is full

Download resetter Canon ip2770 dan cara meresetnya.
Lagi - lagi memori penyimpanan perekam aktivitas printer Anda telah penuh dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya jika memori tersebut tidak dikosongkan terlebih dahulu. Cara mengosongkan memori tersebut biasa disebut dengan istilah ''reset software''. Bila dilihat dari nama pekerjaannya maka diperlukan sebuah software/aplikasi untuk meresetnya. Akan tetapi sebelum mereset software printer pada kasus ini, printer harus direset manual terlebih dahulu. Berikut cara meresetnya :
> Reset manual Canon ip2770
Pastikan semua kabel [kabel power dan kabel data] terpasang dengan baik
--- Printer dalam kondisi mati , tekan dan tahan tombol resume/reset
--- Tombol reset masih ditahan, kemudian tekan dan tahan tombol power (kedua tombol dalam kondisi ditahan)
--- Tombol power tetap ditahan, lepas tombol reset kemudian tekan sebanyak 5x dan lepas kedua tombol tersebut. Maka komputer mendeteksi device baru, abaikan atau cancel saja wizardnya. Nah lanjut ke reset software.
> Reset Software
--- Buka aplikasi resetternya maka akan tampil gambar seperti dibawah.
--- Siapkan kertas pada printer karena akan melakukan print.
--- Jika Anda ingin melihat total halaman yang telah dicetak oleh printer Anda, maka klik pada menu EEPROM (tanda panah paling atas) sebelum menuju langkah selanjutnya. Printer akan mencetak informasi jumlah halaman dan rekaman lainnya.
--- Klik Main (tanda panah 1) dan klik EEPROM Clear (tanda panah 2).
--- Klik EEPROM (tanda panah paling atas) untuk mengakhiri langkahnya. Printer akan mencetak informasi dan total halaman yang sudah diprint adalah nihil/nol karena sudah di EEPROM Clear.
Matikan dan nyalakan kembali printer Anda, Printer is succesfully ressetted. and ready tu use.

Berikut Cara Reset Ink Level Printer Canon MP145 dan MP160 :

  1. Lepaskan kabel Power Listrik ke Printer
  2. Kemudian hubungkan kembali sambil menekan tombol Power
  3. Tombol Power masih ditekan (jangan dilepas), Sobat tekan 2x tombol "Stop/Reset" tombol Merah
  4. Kemudian lepaskan tombol Power, Printer akan masuk ke Service Mode dan tunggu sekitar 10-15 detik hingga Printer Idle (standby)
  5. Selanjutnya tekan tombol "OK"
  6. Tekan "OK" sekali lagi (untuk perintah printer test page)
  7. Tunggu sampai Printer selesai nge print 1 halaman test
  8. Kemudia buka tutup printer (bukan tutup scaner) dan tunggu sampai catridge berhenti di posisi untuk melepas catridge.
  9. Selanjutnya matikan Printer dengan cara mencabut kabel Powernya lagi (kabel listrik)
  10. Setelah kabel powernya dicabut (printer dalam kondisi mati), lepaskan kedua catridge nya
  11. Kemudian tutup kembali Printer nya (tanpa catridge)
  12. Pasang lagi kabel Power printer (kabel listrik) dan nyalakan (tekan tombol power)
  13. Terakhir, Sobat buka lagi tutup printer dan masukan kedua catridge nya seperti semula
  14. Selesai (level tinta kembali terdeteksi penuh)
Selamat mencoba ..................


CARA MENGATASI  CANON MP287 ERROR E08
Indikasi Awal :
Ketika MP287 dihidupkan, maka akan langsung muncul error E08 pada panel LCD MP287. Dan apabila kita melakukan perintah print, maka dilayar monitor akan tampil " The Ink Absorber is Almost Full ". Keterangan Gambar MP287 error E08  di layar monitor sebagai berikut :


Trus bagaimana cara mengatasi  Canon MP287 error E08 :
Cara Reset Canon MP287 error E08
  1. Hidupkan Printer Canon MP287, maka di panel LCD MP287 akan muncul error E08, dan ada keterangan " The Ink Absorber is Almost Full " dilayar monitor anda.
  2. Download Resetter MP287 di LINK INI.  Anda akan diarahkan ke iklan dulu, trus klik SKIP ADS/LEWATI.
  3. Printer Canon MP287 harus dalam keadaan SERVICE MODE. Caranya baca langkah berikutnya.
  4. Matikan Canon MP287 yang error E08 dengan menekan tombol POWERnya. Jangan cabut kabel power
  5. Tekan dan Tahan tombol STOP/RESET diikuti dengan menekan Tombol POWER. Jadi kedua tombol posisi tertekan.
  6. Lepas tombol STOP/RESET tapi jangan lepas tombol POWER.
  7. Dalam keadaan tombol POWER masih tertekan, tekan tombol STOP/RESET sebanyak 6 kali.
  8. Kemudian lepaskan kedua tombol bersamaan. Maka Canon MP287 akan berada dalam kondisi Service Mode.
  9. LCD Panel MP287 akan blank / gelap dan di komputer anda akan mendeteksi hardware baru. Abaikan saja ...
  10. Anda masih bersama ekohasan blog, Langkah selanjutnya Exctract dan Jalankan Service Tool MP287 untuk MP287 error E08 hasil download anda tadi.
  11. Di menu absorber pilih Main&Platen kemudian klik SET di sebelah kanannya 
  12. Printer Canon MP287 yang error E08 akan normal kembali.  

Kali ini kami membahas kerusakan yang sering kami temui pada printer Canon MP287 adalah ERROR P22, kami juga menemui ERROR P22 diikuti suara yang aneh pada bagian SCANER. Untuk mengatasi hal tersebut (Secara Umum) adalah dengan mengganti :

  1. Scaner Unit.
  2. mainboard
Tapi dari kemungkinan kerusakan diatas yang lebih sering terjadi adalah kerusakan pada mainboard. Semoga bermanfaat

sumber: http://catatanotak.blogspot.com/2010/11/cara-reset-ink-level-printer-canon.html#ixzz1nVr13eJl Rating:4.5 Description: Cara Reset Printer Ink Canon MP145 Dan MP160 Rating: 5 Reviewer: Ojel HtcLampung ItemReviewed: Cara Reset Printer Ink Canon MP145 Dan MP160



Cara Memperbaiki Masalah Printer Canon MP 287 dan Kode Error Printer Canon MP 287
 Kode Error Printer Canon MP 287, Ada beberapa kesalahan sederhana pada Printer Canon MP 287 seperti Printer Out Of Paper, Paper Jammed, Error Code (Kode Error) biasanya untuk masalah yang sangat serius/kompleks memerlukan bantuan dari Pusat Layanan Resmi Canon. Setelah anda Membeli Printer, Anda memiliki masa garansi 1 tahun atau dapat memperpanjang hingga 3 tahun (Tergantung Promosi) dan mendapatkan layanan biaya gratis.
 Kemungkinan alasan karena menghemat uang, anda menggunakan Tinta isi Ulang / Tinta Refill / Tinta Infus ( Refill Ink ) dan CISS ( Continuous Ink Supply System ) dan Jika menggunakan Tinta Refill maka garansi Printer anda batal atau tidak berlaku lagi. Tetapi Jangan Panik, anda bisa melakukan Restart Printer anda dengan tips berikut. KetikaLampu Alarm anda Menyala Oranye dan Kode Error Kesalahan ditampilkan pada LED Printer Canon MP 287 anda.
Cara Memperbaiki dan Mengatasi masalah Printer Canon MP 287 & Kode Error pada Printer Canon MP 287 ;
  1. E02 : Printer Kehabisan kertas (Printer is Out of Paper ) atau kertas tidak masuk dengan baik. Masukkan kertas dengan benar.
  2. E03 : Kertas Macet (Paper Jammed) atau Output Kertas Tertutup. Membuka Output Kertas, Reload Kertas dengan benar.
  3. E04 atau E05 : Cartridge anda tidak terdeteksi / tidak terkenali oleh printer (The FINE Cartridge cannot be recognized). Cartridge harus terpasang dengan baik atau bukan Compatible. Cobalah Lepaskan Cartridge dulu, Kemudian pasang kembali dengan mendorong lalu Kunci cartridge sampai mengklik ke tempatnya.
  4. E07 : Cartridge tidak dipasang dalam posisi yang benar (The FINE Cartridge is not installed in the correct position). Periksa apakah Cartridge Hitam / Warna sudah dalam posisi yang benar.
  5. E08 : Ink Absorber hamper penuh (Ink absorber is almost full). Tekan Tombol Hitam atau Warna pada Printer anda untuk Melanjutkan Pencetakan ( Continue Printing ) www.cyberkomputer.com .
  6. E13 : Sisa Tinta tidak bisa terdeteksi ( The Remaining ink level cannot be detected ). Ganti Tinta dengan Cartridge baru dan asli. Jika anda ingin melanjutkan tanpa mengganti Cartridge baru, Tekan Tombol STOP/RESET pada Printer anda Selama 5 detik.
  7. E14 : Cartridge tidak dikenali (The FINE Cartridge cannot be recognized). Ganti Cartridge lama dengan Cartridge baru.
  8. E15 : Cartridge tidak dikenali (The FINE Cartridge cannot be recognized). Cartridge tidak terpasang dengan benar. Coba Lepaskan cartridge Kemudian pasang kembali ketempatnya hingga anda mengklik pengunci Cartridge tersebut.
  9. E16 : The ink has Run Out. Jika Printer sedang mencetak data, tekan tombol STOP/RESET selama 5 detik kemudian lanjutkan Pencetakan anda. Ganti Cartridge Tinta kosong.
  10. E30 : Dokumen terlalu kecil ketika “Fit Copying is Selected”, periksa posisi dokumen pada kaca Scanner.
  11. E31 : Printer tidak tersambung dengan Komputer (The printer is not connected with the computer). Sambungkan kabel USB dari Printer ke Port USB di Komputer www.cyberkomputer.com .
  12. E50 : Scanning the Print Head alignment sheet has failed, Tekan tombol STOP/RESET. Pastikan kertas yang dimuat (A4 atau ukuran lainnya) sesuai dengan Print head alignment, dan juga kertas dalam posisi yang benar dan kaca plat tidak kotor. Pastikan juga Print Head Nozzles tidak tersumbat www.cyberkomputer.com .
Ketika Lampu Printer anda blinking berwarna Hijau dan lampu alarm blinking berwarna oranye bergantian,
  1. P02 : Batalkan pencetakan dan matikan printer anda. Bersihkan / tarik kertas yang menyangkut pada printer anda. Mungkin Cartridge anda Rusak / Patah. Hidupkan Printer anda kembali.
  2. P10 : Matikan Printer anda kemudian hidupkan kembali.
  3. Kasus Kesalahan lainnya : matikan printer anda dan cabut kabel power listrik kemudian pasang kembali ke printer anda.

8 komentar:

  1. gan, kok mp 287 ane gamau ke service mode, udah ane ikutin langkah diatas, dan hasilnya malah lampu alarm aja yg idup, lampu lainnya beserta lcd nya mati, gmn tuh gan solusinya ??
    udah ane coba berkali2,tp hasilnya sama, cuma lampu alarm yg idup??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan kayak punya saya ngak bisa reset manual alias service mode

      Hapus
    2. Ini solusinya http://dukun-printer.blogspot.com/2014/06/cara-benerin-canon-mp-287-tidak-mau-di.html

      Hapus
  2. tu ada yg tanya brow kok gk dijawab?jng2 ni cuma copas ya haha

    BalasHapus
  3. mana jawaban nya gan? printer ane juga problem gitu...kalo gak bisa jawab berarti gak salah lagi...pasti neh blog bisanya cuma copas aja...

    BalasHapus
  4. mau tanya bro...resetternya kok gak jalan ya malahan ngehank??
    ada solusi?
    terima kasih.

    BalasHapus
  5. tapi punya say angak bisa reset manual jadi pas direset lasung kembali lagi eror p07 gimana solusinya dong plissss

    BalasHapus
  6. Ini solusinya http://dukun-printer.blogspot.com/2014/06/cara-benerin-canon-mp-287-tidak-mau-di.html

    BalasHapus